-->

Bacaan Wirid Amalan Sunnah Doa Setelah Sholat Jumat Lengkap

Bacaan Wirid Amalan Doa Setelah Sholat Jumat Lengkap - Sebagai mana yang telah kita fahami di setiap mesjid jami atau masjid besar setiap selesai melaksanaka sholat jumat ada amalan husus yang di pimpin oleh imam secara bersamaan bacaan ayat dari alqur'an dan di akhiri dengan bacaan doa.

Lalu bacaan surat apa saja yang di baca pada waktu itu? maka untuk itu kami disini akan memberikan penjelasan amalan doa setelah sholat jumat setra sebelumnya kita di anjurkan membaca surat al fatihah 7x, al ikhlas 7x, al falaq 7x dan surat annas 7x sesuai sunah Rosululloh SAW.

Dengan membaca bacaan surat dari pada al quran memiliki banyak fahala manfaat serta keutamaan yang Alloh terlah janjikan untuk para hambanya, maka untuk itu kita setelah selaesai melaksanakan sholat jumat jangan duluan terburu-buru meninggalkan tempat sholat atau masjid.

Bacaan Wirid Amalan Sunnah Doa Setelah Sholat Jumat Lengkap

Rosululloh telah bersabda yang termaktub dalam kitab Al-Adzkar karya Imam Yahya bin Syaraf an-Nawawi sebagai berikut:

عن عائشة رضي الله عنها ، قالت : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : " من قرأ بعد صلاة الجمعة : قل هو الله أحد ، وقل أعوذ برب الفلق ،وقل أعوذ برب الناس ، سبع مرات ، أعاذه الله عز وجل بها من السوء إلى الجمعة الأخرى

Artinya: Dari Aisyah Radhiyallahu ‘Anha berkata, Rasulullah bersabda: “Barang siapa yang membaca (setelah shalat Jum’at) surat Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Nas sebanyak tujuh kali, Allah akan mengindarkannya dari keburukan (kejahatan) sampai Jum’at berikutnya.

Amalan Bacaan Doa Setelah Sholat Jumat Sebagai Berikut:

اَللَّهُمَّ يَا غَنِيُّ يَا حَمِيْدُ يَا مُبْدِئُ يَا مُعِيْدُ يَا رَحِيْمُ يَا وَدُوْدُ أَغْنِنِيْ بِحَلَالِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَطَاعَتِكَ عَنْ مَعْصِيَتِكَ وَبِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Allâhumma yâ ghaniyyu yâ hamîd, yâ mubdi’u wa yu‘îd, yâ rahîmu yâ wadûd. Aghninî bi halâlika ‘an harâmik, wa thâ‘atika ‘an ma‘shiyatik, wa bi fadhlika ‘an man siwâka.

Artinya: “Ya Allah, Yang Maha Kaya, Maha Terpuji, Maha Pencipta, Maha Kuasa Mengembalikan, Maha Penyayang, dan Maha Kasih. Cukupi aku dengan harta halal-Mu, bukan dengan yang haram. Isilah hari-hariku dengan taat kepada-Mu, bukan mendurhakai-Mu. Cukupi diriku dengan karunia-Mu, bukan selain-Mu.

Dengan membaca semua bacaan di atas menuruk imam ghozali, akan menjadikan benteng serta dapat memelihara seseorang dari mala petaka atau gangguan syetan dari jumat kejumat yang akan datang.

Demikian yang dapat kami sampaikan tentang amalan bacaan doa setelah Sholat Jumat sesuai sunnah lengkap dalam tulisan arab latin dan artinya, semoga bermanfaat bagi kita semua.