-->

Doa Ketika Turun Hujan Lebat Arab Lengkap dengan Artinya

Doa Turun Hujan - Hujan adalah merupakan salah satu rahmat dan keberkahan dari Alloh SWT, namun dengan turunnya air hujan kebumi ini, hendaknya kita bersyukur kepada Allah atas nikmat hujan yang telah diberikan kepada kita semua.

kita sebagai manusia sangat mengharapkan atas turunnya hujan apalagi ketika dilanda musim kemarau yang berkepanjangan, sehingga sawah, ladang, kolam, sungai sudah pada mengering, maka kita segera memohon kepada Alloh degan cara istisqa.

Setelah kita melaksanakan sholat istisqa dengan kehendak Alloh SWT menurunkan air hujan dari langit sebagai bentuk rasa kasih sayang yang Alloh berikan kepada mahluq-NYA dengan mudah atas kudrat dan irodah-NYA baik hujan rintik-rintik maupun deras.

Doa Ketika Turun Hujan Lebat Lengkap dengan Artinya

Nah kita sebagai hamba-NYA ketika turun hujan pertama dari langait di sunnahkan untuk membaca doa ketika turun hujan pertama karena suatu ketika Rasulullah pernah kehujanan lalu beliau menyingkapkan bajunya hingga terguyur hujan.

Dengan menyikapi hal yang di laksanakan oleh Rosululloh SAW, para sahabat mengatakan, “Ya Rasulullah, mengapa engkau melakukan demikian?” Kemudian, Rasulullah bersabda,

“Sebab, ia (hujan) baru saja diciptakan Allah Swt.” (HR.Muslim).

Imam Nawawi menjelaskan: “Hadits ini mengandung makna bahwa hujan itu adalah merupakan rahmat, yang baru saja diciptakan oleh Allah. Oleh karena itu, Nabi Muhammad ber-tabarruk (mengambil berkah) dari hujan tersebut.”
Bacaan Doa Turun Hujan Arab

اَللَّهُمَّ صَيِّبًا نَافِعًا

Latin: “Allahumma shoyyibian naafi’an”
Artinya: “Ya Allah, turunkanlah hujan yang bermanfaat.” (HR.Bukhari).

Bacaan Doa Ketika Hujan Lebat Arab

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Bacaan Doa Ketika Hujan Lebat Latin

“Allahumma haawalaina wa laa ’alaina. Allahumma ’alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari.”
Arti Bacaan Doa Ketika Hujan Lebat

“Wahai Tuhanku! Turunkanlah hujan di sekitar kami, dan janganlah musnahkan kami. Ya Allah! Engkau turunkanlah ia di atas gunung-gunung dan bukit-bukit, di lembah-lembah, dan tempat tumbuhnya pokok-pokok (pepohonan).” (HR.Bukhari dan Muslim).

Dengan bacaan doa ini kita mengharapkan agar hujan ini benar-benar menjadi rahmat jangan sampai menjadikan teguran yang membawa malaptaka bencana dengan adanya longsor, banjir dan sebagainya.

Nabi Muhammad bersabda:

اُطْلُبُوا اسْتِجَابَةَ الدُّعَاءِ عِنْدَ ثَلَاثٍ : عِنْدَ الْتِقَاءِ الْجُيُوشِ ، وَإِقَامَةِ الصَّلَاةِ ، وَنُزُولِ الْغَيْثِ

Artinya: “Carilah doa yang mustajab pada tiga keadaan yaitu : Saat bertemunya dua pasukan (tantara yang bertempur). Saat menjelang shalat dilaksanakan, dan saat hujan turun.” (HR.Baihaqi).

Bacaan Doa setelah Hujan

مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللَّهِ وَرَحْمَتِهِ

“Muthrna bi Fadhlillaahi wa Rahmatihi.”

“kita diberi hujan karena karunia dan rahmat-Nya.”

Semoga dengan adanya bacaan doa ketika turun hujan dan kita harus memperbanyak bacaan sholawat nabi dalam tulisa bahasa arab latin lengkap artinya yang kami buat ini besar manfaatnya bagi kita semua dan kita bisa mengamalkannya.