-->

Bacaan Doa Saat Gempa Bumi Terjadi Yang Shahih Lengkap Artinya

Doa Gempa Bumi - Disaat terjadinya gempa bumi yang sering terjadi baik yang disebabkan dengan adanya Gempa bumi tektonik, tumbukan, runtuhan, buatan, vulkanik (gunung api), Kebanyakan gempa bumi disebabkan dari pelepasan energi yang dihasilkan oleh tekanan yang disebabkan oleh lempengan yang bergerak.

Semua gempa bumi yang terjadi kalau dikerucutkan semua mengacu pada qudrat dan iradatnya Alloh SWT sebagai peringatan pada hamba-hambanya supaya dikembalikan kepada sang pencipta alam semesta, bahwa semua mahluk akan mengalami keruksakan/kehancuran hanya Dzat Alloh lah yang kekal abadi.

Maka di saat terjadi atau sesudah gempa bumi ini kita sebagai manusia di anjurkan untuk memanjatkan doa kepada Alloh agar kita diberikan keselamatan dari malapetaka yang disebabkan dengan terjadinya gempa tersebut sebagai mana bacaan doa gempa bumi yang biasa di bacaakan oleh baginda Rosululloh SAW di saat terjadinya gempa.

Bacaan  Doa Saat Gempa Bumi Terjadi Yang Shahih Lengkap Artinya

Disini kami akan berbagi kalimat atau lapadz bacaan doa ketika terjadinya gempa bumi dan bacaan sholawat nabi dalam tulisan bahasa arab latin lengkap dengan artinya supaya kita disaat terjadi gempa tidak merasa panik atau trauma, tapi kita justru bisa lebih meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Alloh SWT dengan adanya gempa.

Bacaan doa ketika terjadinya gempa bumi sebagai berikut:

ﺍَﻟﻠَّﻬُﻢّ ﺇِﻧّﻲْ ﺃَﺳْﺄَﻟُﻚَ ﺧَﻴْﺮَﻫَﺎ ﻭَﺧَﻴْﺮَ ﻣَﺎ ﻓِﻴْﻬَﺎ، ﻭَﺧَﻴْﺮَ ﻣَﺎ ﺃَﺭْﺳَﻠْﺖَ ﺑِﻪِ؛ ﻭَﺃَﻋُﻮْﺫُ ﺑِﻚَ ﻣِﻦْ ﺷَﺮِّﻫَﺎ، ﻭَﺷَﺮِّﻣَﺎﻓِﻴْﻬَﺎ ﻭَﺷَﺮِّﻣَﺎ ﺃَﺭْﺳَﻠْﺖَ ﺑِﻪِ

Allâhumma innî asaluka khairaha wa khaira mâ fîhâ, wa khaira mâ arsalta bihi, wa a’ûdzubika min syarrihâ, wa syarri mâ fîhâ wa syarri mâ arsalta bihi

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kehadirat-Mu kebaikan atas apa yang terjadi, dan kebaikan apa yang di dalamnya, dan kebaikan atas apa yang Engkau kirimkan dengan kejadian ini. Dan aku memohon perlindungan kepada-Mu dari keburukan atas apa yang terjadi, dan keburukan atas apa yang terjadi didalamnya, dan aku juga memohon perlindungan kepada-Mu atas apa-apa yang Engkau kirimkan.”

Selain membacakan doa di saat terjadinya gempa bumi ini kita dianjurkan untuk memperbanyak Istighfar, Berdoa, Merendahkan diri, memperbanyak sedekah dan pada intinya kita lebig mendekatkan diri kepada Alloh SWT, sebagai mana keterangan dalam "Al Khatib As Syarbini mengatakan":

وَيُسَنُّ لِكُلِّ أَحَدٍ أَنْ يَتَضَرَّعَ بِالدُّعَاءِ وَنَحْوِهِ عِنْدَ الزَّلَازِلِ وَنَحْوِهَا كَالصَّوَاعِقِ وَالرِّيحِ الشَّدِيدَةِ وَالْخَسْفِ، وَأَنْ يُصَلِّيَ فِي بَيْتِهِ مُنْفَرِدًا كَمَا قَالَهُ ابْنُ الْمُقْرِي لِئَلَّا يَكُونَ غَافِلًا

“Dianjurkan bagi setiap orang untuk merendahkan diri kepada Allah dengan berdoa dan seumpamanya ketika terjadi gempa dan yang seumpamanya seperti petir, angin kencang, longsor. Dan hendaknya ia melaksanakan shalat di dalam rumahnya sendirian sebagaimana yang dikatakan oleh Ibnu Al Muqri agar tidak menjadi orang yang lalai”. (Mughni Al Muhtaj, jilid. 1, hal. 602).

Dan saat sering terjadinya musibah Rosul selalu memohon ampunan kepada Alloh SWT dengan bacaan doa:

اللَّهُمَّ لاَ تَقْتُلْنَا بِغَضَبِكَ، وَلاَ تُهْلِكْناَ بِعَذَابِكَ، وَعَافِنَا قَبْلَ ذَلِكَ

“Ya Allah, janganlah Engkau matikan kami dengan kemurkaanMu, janganlah Engau binasakan kami dengan azabMu, selamatkanlah kami sebelum itu (agar kejadian dan kebinasaan tidak terjadi)”. (HR. Ahmad dan At Tirmidzi).

Demikian yang dapat kami buat bacaan doa ketika gempa bumi terjadi dalam tulisan bahasa arab latin lengkap dengan artinya yang benar sesuai sunnah, seloga bermanfaat bagi kita semua dan kita diberikan keselamatan disaat terjadinya gempa atau mmusibah apa saja yang menimpa kita.