-->

Bacaan Niat Puasa Tarwiyah Dan Arafah Sebelum Idul Adha

Bacaan Niat Puasa Tarwiyah Dan Arafah Sebelum Idul Adha. Sebagai mana yang telah kita fahami bahwa dalam islam itu ada amalan yang dinamakan puasa tarwiyah dan puasa arafah yang mana kedua amalan tersebut termasuk hukum sunnah, piasa tarwiyah itu adalah puasa yang di laksanakan pada tanggal 8 dzulhijjah sedangkan yang dinamakan puasa arafah adalah puasa yang di laksanakan pada tanggal 9 dengan melaksanakan puasa tersebut kita anak mendapatkan fahala yang begitu besarnya dari Alloh SWT dan puasa tarwiyyah serta arafah bisa juga di sebut puasa idul adha.

Dengan melaksanakan puasa tarwiyah dan arafah itu banyak manfaat dan hikmah yang bisa kita dapatkan sebaga mana dalam hadist yang artinya bahwa Puasa pada hari Tarwiyah menghapuskan dosa satu tahun, dan puasa pada hari Arafah menghapuskan (dosa) dua tahun, makanya Rosul menganjurkan kepada ummatnya untuk melaksanakan puasa sunat tarwiyah dan arafah, namun hukum sunat itu untuk orang yang tidak sedang melaksanakan ibadah haji di makatul mukaramah.

Sedangkan untuk orang yang melaksanakan ibadah haji tidak dianjurkan untuk melaksanakan puasa dengan niat puasa tarwiyah dan arafah, karena pada waktu itu orang yang sedang melaksanakan puncaknya ibadah haji yang benar-benar sangat membutuhkan kekuatan fisik dan mental, sebab kalau sambil berpuasa tentunya kekuatan badan akan lemah sehingga nantinya orang tidak bisa melaksanakan ibadah haji.

Bacaan Niat Puasa Tarwiyah Dan Arafah Sebelum Idul Adha

Dan juga kalau kita melihat sejara bahwa puasa Tarwiyah itu berkaitan erat dengan peristiwa yang dialami Nabi Ibrahim AS yang bermimpi diperintah Allah untuk menyembelih putranya, Nabi IsmailAS.Pada hari itu, hari ke-8 bulan Dzulhijjah, ia merenung dan berpikir (rawwa-yurawwi-tarwiyah) tentang takwil mimpi menyembelih putra kesayangannya sendiri. Pada hari ke-9, ia mendapati takwil mimpi yang membuatnya tahu (‘arafa) akan makna mimpi tersebut, sehingga disebut dengan Hari Arafah. Sedangkan pada hari ke-10, ia melaksanakan perintah dalam mimpi itu, yakni menyembelih (nahara) putranya, sehingga disebut hari Nahr.

Nah bagi anda yang hendak melaksanakan puasa tarwiyah dan arafah bahkan bukan hanya pda tanggal 8-9 saja kita melaksanakan puasa bisa juga dari mulai tanggal 1 bulah dzul hijjah, untuk bacaan niatnya kami sajikan dalam artikel ini lengkap dalam tulisan bahasa arab, latin dan artinya seperti di bawah ini:

Lafadz Bacaan Niat Puasa Sunah Tanggal 1 - 7 Dzulhijjah

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ ذِي الْحِجَّةِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SHAUMA SYAHRI DHILHIJJATI SUNNATAN LILLAAHI TA'AALA

Artinya :Saya niat puasa sunnah bulan Dzulhijjah karena Allah Ta'ala

Lafadz Bacaan Niat Puasa Tarwiyah Tanggal 8 Dzulhijjah

نَوَيْتُ صَوْمَ التَّرْوِيَةَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SHAUMAT TARWIYATA SUNNATAN LILLAAHI TA'AALA

Artinya :Saya niat puasa sunnah tarwiyah karena Allah Ta'ala

Lafadz Bacaan Niat Puasa Arafah Tanggal 9 Dzulhijjah

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SHAUMA 'AROFATA SUNNATAN LILLAAHI TA'AALA

Artinya: Saya niat puasa sunnah arafah karena Allah Ta'ala

Demikian yang dapat kami sampaikan Bacaan Niat Puasa Tarwiyah Dan Arafah Sebelum Idul Adha yang benar sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad SAW, namun bukan hanya itu saja yang dapat kami sajikan masih banyak lagi yang lainnya seperi ucapan idul adha 2019 karena biasanya nanti pada hari raya lebaran idul adha kita berbagi kata kata ucapan selamat lewat sms, bbm, facebook, kartu ucapan dan media sosial lainnya. Semoga dengan adanya artikel kami ini dapat bermanfaat bagi kita semua.