Niat Doa Zakat Fitrah Lengkap Untuk Diri Sendiri Dan Keluarga

Niat Doa Zakat Fitrah Lengkap Untuk Diri Sendiri Dan Keluarga - Tentunya kita sudah tak asing lagi dengan yang namanya zakat fitrah, karena zakat fitrah adalah merupakan kewajiban bagi kita sebagai umat islam yang dilaksanakan pada bulan suci ramadhan,  begitu juga ada yang di namakan zakat mal/ zakat harta, namun zakat harta kewajibannya untuk orang yang sudah nishob (nyampai batas) yang telah di tentukan dalam islam dan juda harta yang wajib di zakatinya tidak semua harta hanyalah sebahagian saja seperti, emas/perak, binatang ternak, buah-buahan anggur dan kurma, tanaman yang di jadikan makanan pokok, barang dagangan, dan barang tambangan juga penemuan barang jahiliyah.

Adapun kewajiban mengeluarkan zakat nfitrah adalah untuk orang Islam yang menemukan dua zuz dari bulan Ramadhan dan Syawwal, adalah pada waktu menjelang magrib akhir bulan ramadhan sampai pada waktu akan melaksanakan sholat sunnat 'Idil Fitri, namun syah-syah saja mengeluarkan zakat fitrah pada bulan ramadhan juga. Karena wajibnya mengeluarkan Zakat fitrah itu adalah untuk orang yang menemukan dua zuj bulan ramadhan dan Syawal, kalau seandainya ada orang meninggal di bulan ramadhan sebelum terbenamnya matahari di akhir bulan ramadhan itu tidak ada kewajiban untuk mengeluarkan Zakat begitu pula tidak wajib Zakat bagi orang yang lahir sesudah terbenamnya matahari di akhir bulan ramadhan ( malam ).

Karena zakat itu adalah merupakan ibadah maka dalam mengeluarkan zakat tersebut harus di sertakan dengan bacaan atau lafadz niat zakat fitrah dan sunnat ketikan menerima zakat itu memcaca doa sebagai mana bacaan niat dan doa menerima zakat fitrah akan kami jelaskan nanti. Zakat fitrah itu bisa juga di katakan sebagai zakat badan, zakat ramadhan dan juga zakat itu termasuk salah satu  rukun Islam yang ketiga, adapun definisi Zakat itu ada dua diantaranya;
1. Menurut bahasa yaitu: Berasal dari kata zaka yang bermakna al-numulu (menumbuhkan), al-ziyadah (menambah), al-barakah (memberkatkan), dan at-thahir (menyucikan). (Abdurrahman Qadir, 2001 : 62)

Niat Doa Zakat Fitrah Lengkap Untuk Diri Sendiri Dan Keluarga

Atau dalam bahasa yang lain bisa juga dikatakan, Zakat berasal dari bentuk kata "zaka" yang artinya suci, baik, berkah, tumbuh, dan berkembang. Dinamakan zakat, karena di dalamnya terkandung harapan untuk beroleh berkat, membersihkan jiwa dan memupuknya dengan berbagai kebaikan (Fikih Sunnah, Sayyid Sabiq : 5)

2.Definisi Zakat menurut istilah Syar'a diambil dari Kifayatul Akhyar juz 1, Muhammad Al-Husaini, Taqiyuddin Abu Bakr berpendapat zakat adalah nama bagi sejumlah harta tertentu yang telah mencapai syarat tertentu yang wajib dikeluarkan dan diberikan kepada yang berhak menerimanya dengan persyaratan tertentu pula.

Nah untuk lafad-lafad niat zakat fitrah baik untuk diri sendiri atau pun untuk kewajiban nafkah keluwarga kita seperti Istri, Anak dan kewajiban lainnya dalam bentuk niatnya itu berbeda, sperti mana yang Akan Admin jelaskan di bawah ini:

Niat Zakat Fitrah Untuk Diri Sendiri
Niat ini diucapkan oleh diri kita sendiri tanpa diwakilkan kepada orang lain. Adapun lafadznya adalah sebagai berikut :

نَوَيْتُ اَنْ اُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ نَفْسِىْ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI 'AN NAFSII FARDLOL LILLAAHI TA'AALAA

Artinya :Sengaja saya mengeluarkan zakat fitrah pada diri saya sendiri, fardhu karena Allah Ta'ala

Niat Zakat Fitrah untuk Istri
Jika seorang suami ingin membacakan niat zakat fitrah untuk istrinya, maka lafadznya adalah sebagai berikut :

نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ زَوْجَتِيْ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI 'AN ZAUJATII FARDHOL LILLAATI TA'AALAA

Artinya :Saya niat mengeluarkan zakat fitrah atas istri saya fardhu karena Allah Ta'ala

Niat Zakat Fitrah untuk Anak Laki-laki

Bagi orang tua yang memiliki seorang anak laki-laki yang masih bayi, balita dan/atau mungkin belum bisa membaca niat zakat fitrah, maka bisa diwakilkan kepada orang tuanya. Dan berikut adalah lafadz niatnya :

نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ وَلَدِيْ... فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI 'AN WALADII (Sebutkan Nama Anaknya) FARDHOL LILLAAHI TA'AALAA

Artinya :Sengaja saya mengeluarkan zakat fitrah atas anak laki-laki saya (sebut namanya) Fardhu karena Allah Ta’ala

Niat Zakat Fitrah untuk Anak Perempuan;

Bagi orang tua yang memiliki seorang anak perempuan yang masih bayi, balita dan/atau mungkin belum bisa membaca niat zakat fitrah, maka bisa diwakilkan kepada orang tuanya. Dan berikut adalah lafadz niatnya :

نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ بِنْتِيْ... فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI 'AN BINTII (Sebutkan Nama Anaknya) FARDHOL LILLAAHI TA'AALAA

Artinya :Sengaja saya mengeluarkan zakat fitrah atas anak perempuan saya (sebut namanya), fardhu karena Allah Ta’ala

Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Keluarga

نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنِّىْ وَعَنْ جَمِيْعِ مَا يَلْزَمُنِىْ نَفَقَاتُهُمْ شَرْعًا فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI 'ANNII WA'AN JAMII'I MAA YALZAMUNII NAFAQOOTUHUM SYAR'AN FARDHOL LILLAAHI TA'AALAA

Artinya :Saya niat mengeluarkan zakat atas diri saya dan atas sekalian yang saya diwajibkan memberi nafkah pada mereka secara syari’at, fardhu karena Allah Ta’aala.

Niat Zakat Fitrah untuk Orang yang Diwakilkan

نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ (…..) فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI 'AN (Sebutkan nama orangnya) FARDHOL LILLAAHI TA'AALAA

Artinya :Niat saya mengeluarkan zakat fitrah atas…. (sebut nama orangnya), Fardhu karena Allah Ta’ala

Nah itulah yang dapat Admin publikan lewat media sosial ini tentang Niat dan doa penerima zakat fitrah untuk diri sendiri dan keluwarga arab latin lengkap dengan artinya. Namun bukan hanya itu saja yang dapat kami sajikan ada juga Niat Sholat Tarawih, Niat Puasa Ramadhan, Niat Buka Puasa dan masih banyak lagi yang lainnya. Semoga dengan adanya artikel kami ini dapat membawa kemanfaatan bagi kita semua dan bisa melaksanakannya dengan baik biar ibadah kita diterima oleh Alloh SWT, Amiin.