-->

Bacaan Doa Sebelum Dan Sesudah Belajar Di Sekolah Lengkap Artinya

Doa Sebelum dan Sesudah Belajar. Ilmu adalah merupaka suatau jembatan emas untuk menghubungkan kita dengan segala hal, baik yang ada hubungannya dengan urusan dunia ataupun akherat.Sebab segala sesuatu bisa kita dapatkan harus menggunakan ilmu, maka oleh karena itu mencari dan menuntut ilmu adalah merupakan hal yang wajib kita kerjakan, baik itu anak-anak, remaja bahkan orang tua. sebagai mana pribahasa mengatakan " dalam mencari ilmu tidak ada batas usia"

Dengan sangat pentingnya ilmu baik ilmu agama atau pun ilmu pengetahuan maka carilah ilmu itu dari mulai kita lahir kedunia sampai kita masuk kelahak kubur, namun dalam mencari ilmu supaya kita cepat tangkap dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat maka terlebih dahulu sebelum kita belajar harus berdo'a, begitu pula sesudah kita belajar harus diakhiri dengan bacaan do'a.

Maka untuk itu kami di sini akan berbagi bacaan doa sebelum belajar di sekolah dalam islam sesuai sunnah dalam tulisan bahasa arab latin lengkap dengan artinya guna untuk membantu dan cara menghafal bagi yang masih belum hafal terutama bagi anak-anak di sekolah atau mungkin lupa lagi karena kita manusia biasa yang kadang sewaktu-waktu ada lupanya lagi.

Doa Sebelum dan Sesudah Belajar  lengkap Dengan Artinya

Bagi anda yang belum mengetahui doa sebelum belajar dan sesudah belajar, berikut ini saya sampaikan doa sebelum dan sesudah belajar baik itu dalam tulisan latin maupun tulisan arab yang lengkap dengan artinya, sebagai mana do'a-do'a yang tercantum dibawah ini.

Do'a Sebelum Belajar :

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

اَللَّهُمَّ أَلْهِمْنىِ عِلْماَ اَعْرِفُ بِهِ اَوَامِرَكَ وَاَعْرِفُ بِهِ نَوَا هِيَكَ وَارْزُقْنِى

اَللَّهُمَّ بَلَغَةَ فَهْمِ النَبِيِّيْنَ وَفَصَاحَةِ حِفْظِ الْمُرْ سَلِيْنَ وَسُرْ عَةِ اِلْهَامِ

الْمَلاَئِكَةِ الْمُقَرَّبِيْنَ وَاَكْرِمْنِى . اَللَّهُمَّ بِنُوْرِ الْعِلْمِ وَسُرْعَةِ الْفَهْمِ وَاَخْرِجْنِى مِنْ

ظُلُمَاتِالْوَهْمِ وَافْتَحْ لِى اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ وَعَلْمِنِى اَسْرَارَ حِكْمَتِكَ يَارَبَّ الْعَا لمَِيْنَ


"Alloohumma alhimnii ‘ilman a’rifu bihi awaamiroka wa a’rifu bihi nawaahiyaka warzuqnii. Alloohumma balaghota fahmin nabiyyana wa fashoohati hifdlil mursaliina wa sur’ati ilhamil malaa’ikatil muqorro biina wa akrimnii. Alloohumma bi nuuril ‘ilmi wasur’atil fahmi wa akhrijnii min dlulumaatil wahmi waftah lii abwaaba rohmatika wa allminii asrooro hikmatika yaa robbal ‘aalmiina"

Artinya:"Wahai Allah, ilhamilah aku dengan ilmu yang dapat menjadi alat untuk mengetahui semua suruhan_Mu dan berilah aku rizqi. Wahai Allah, sampainya kefahaman yang mendalam dari para nabi dan kefashihan hafalan para Rosul serta cepatnya ilham para malaikat muqorrobiin, maka karunianikanlah kepada ku. Wahai Allah, dengan chaya ilmu dan cepat tanggap dalam kefahaman serta keluarkanlah aku dari kegelapan keraguan dan dan bukakanlah untukku semua pintu rahmat_Mu dan ajarkanlah kepadaku rahasia hikmah_Mu. Wahai Tuhan semesta Alam"

رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا


“Rodlittu billahirobba, wabi islamidina, wabimuhammadin nabiyyawwarasulla ,robbi zidnii ilmaa warzuqnii fahmaa."

Artinya :“Kami ridho Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik”

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا، وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ


" Rabbii Zidnii ‘Ilmaa, Warzuqnii Fahmaa, Waj’alnii Minash-Shaalihiin".

Artinya: “Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu, dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya, dan jadikanlah aku termasuk golongannya orang-orang yang shaleh”.


Do'a Sesudah belajar :

اَللَّهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَا عَلَمْتَنِيْهِ فَارْدُذْه اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِى اِلَيْهِ وَ لاَ تَنْسَنِيْهِ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ


“Allahumma innii istaudi'uka maa allamtaniihi fardudhu ilayya 'inda haajati ilaihi walaa tansaniihi yaa robbal 'aalamiin"

Artinya :"Ya Allah,sesungguhnya aku titipkan kepada-Mu apa yang telah Kau ajarkan kepadaku,maka kembalikanlah ia kepadaku ketika aku membutuhkannya.Dan janganlah Kau buat aku lupa padanya hai Tuhan yang memelihara alam"

رَبَّنَا انْفَعْنَا بِمَاعَلَمْتَنَا الَّذِيْ يَنْفَعُنَا وَزِدْنَا عِلْمًا وَالْحَمْدُلله عَلَى كُلِّ حَالٍ


“Rabbanan fa’naa bima ‘alamtanaladzi yanfa’una wa zidna ‘ilman walhamdulillahi ‘ala kullihal”

Artinya :“Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami apa-apa yang bermanfaat bagi kami serta tambahkan ilmu bagi kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap keadaan”

اَللَّهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّـبَاعَه وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ


"Allahumma Arinal Haqqa Haqqan Warzuqnattibaa’ahu. Wa Arinalbaathila Baa-Thilan Warzuqnajtinaabahu."

Artinya: “Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami kebenaran, sehinggga kami dapat mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat menjauhinya”.


Itulah bacaan do’a sebelum dan sesudah belajar yang bisa saya rangkum pada artikl ini. Semoga doa diatas bisa bermanfaat buat kita semua. Dan jangan lupa bagikan doa tersebut pada sahabat atau saudara anda yang saat ini sedang membutuhkannya. Jangan lupa baca juga doa sholat dhuha doa bepergian naik kendaraan, doa agar hati selalu tenang, doa anak sholeh, doa sebelum tidur, sebelum makan dan masih banyak lagi yang lainnya.