-->

Doa Naik Kendaraan Darat, Udara, dan Laut Lengkap Sesuai Sunnah

Bacaan Do'a Naik Kendaraan Darat, Laut dan Udara Paling Lengkap - Seiring dengan perkembangan jaman yang begitu serba canggih kini banyak kendarana baik kendaraan pribadi ataupun umum darat udara dan laut untuk dijadikan transportasi bepergian jauh ataupun dekat, maka untuk itu sesuai dengan tata cara dalam agama islam supaya kita berada dalam ketenangan, keselamatan, kenyamanan terutama mendapatkan ridho Alloh maka kita di anjurkan untuk mebaca doa naik kendaraan, doa diatas dalam dan doa turun dari kendaraan.

Biasanya ketika kita akan bepergian kemana saja, semua apa yang kita rencanakan sudah anda persiapkan baik mental,fisik dan hal lain yang berhubungan dengan semua rencana anda saat ini,namun ada satu hal yang lebih penting dalam menempuh perjalanan supaya selamanya kita mendapat bingbingan keselamatan dan lain sebaginya adalah memanjatkan Do'a kepada Alloh SWT sebagi wujud kita sebagai manusia tidak ada kemampuhan apa-apa hanya lah semua itu atas pertolongan Alloh SWT.

Oleh karena itu maka kami di sini akan mengingatkan kepada sesama orang muslim dimana pun berada ketika akan bepergia dari mulai keluar rumah, diperjalanan bahkan sampai ketujuan untuk selalu derbo'a kepada Alloh SWT sebagai mana bacaan doa naik kendaraan dan doa doa lainnya yang tertulis di bawah ini:

Doa Naik Kendaraan Darat, Udara, dan Laut Lengkap Sesuai Sunnah

1. Do'a Keluar Rumah.

بِسْمِ اللَّهِ ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ ، وَلا حَوْلَ وَلا قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّه

"Bismilaahi tawakkaltu 'alallahi wa laa hawla wa laa quwwata illaa billaahi"

Artinya :
Dengan menyebut nama Allah, aku menyerahkan diriku pada Allah dan tidak ada daya dan kekuatan selain dengan Allah saja

2. Do’a bepergian

اَللّهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَاسَفَرَ نَاهذَاوَاَطْوِعَنَّابُعْدَهُ, اَللّهُمَّ اَنْتَالصَّـاحِبُ فِى السَّفَرِوَالْخَلِيْفَةُ فِى اْلاَهْلِ

“Alloohumma hawwin ‘alainaa safaranaa haadzaa wa athwi ‘annaa bu’dahu. Alloohumma antash shaahibu fis safari wal khaliifatu fil ahli”.

Artinya :“Wahai Tuhanku, mudahkanlah perjalanan kami ini dan dekatkanlah kejauhannya. Wahai Tuhanku, Engkau adalah teman berpergian dan pelindung keluarga”.

3. Do'a Naik Kendaraan Darat:

سُبْحَانَ الَّذِىْ سَخَّرَلَنَا هَذَا وَمَاكُنَّالَهُ مُقْرِنِيْنَ وَاِنَّآ اِلَى رَبّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ

SUBHAANAL LADZII SAKHHORO LANAA HAADZAA WA MAA KUNNAA LAHUU MUQRINIINA WA INNAA ILAA ROBBINAA LAMUNGQOLIBUUNA.

Artinya :Maha suci Allah yang memudahkan ini (kendaraan) bagi kami dan tiada kami mempersekutukan bagi-Nya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami.

4. Do'a Ketika Sudah Dalam Kendaraan Sudah Mau Berangkat

اللهُ أَكْبَرُ, اللهُ أَكْبَرُ, اللهُ أَكْبَرُ. سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ لَمُقْرِنِيْنَ وَإِنَّا اِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ. اللَّهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ فِي سَفَرِنَا هَذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى اللَّهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ اللَّهُمَّ اَنْتَ الصَّاحِبُ فِي السَّفَرِ وَالْخَلِيْفَةُ فِي الأَهْلِ , اللَّهُمَّ اِنِّي أَعُوْذُبِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ وَكآبَةِ الْمَنْظَرِ وَسُوْءِ الْمُنْقَلَبِ فِي الْمَالِ وَالأَهْلِ

Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar.
Subhaanal ladzi sakhkharah lanaa haadza wa maa kunnaa lahu lamuqriniin wa innaa ilaa rabbina lamunqolbuun. Allahumma innaa nas aluka fi safarinaa haadzal birra wat taqwa, wa minal ‘amali maa tardhaah, allahumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadza wathwi ‘annaa bu’dahu. Allahumma antas shoohibu fis safari wal kholiifatu fil ahli, Allahumma inni a’uudzubika min wa’tsaa-is safari wa kaaabatil mandhori wa suu-il munqolabi fil maali wal ahli

Artinya :”Allahu akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar. Maha suci Tuhan yang telah memperjalankan kami, kepada-Nya kami mendekat dan hanya kepada Tuhan kami kembali. Ya Allah berikanlah kebaikan, ketakwaan perjalanan kami ini, dan jadikanlah perjalanan ini termasuk sebagian dari perbuatan yang Engkau ridhai. Ya Allah ringankanlah perjalanan kami ini dan . Ya Allah Engkau adalah teman dalam perjalanan dan pemimpin di waktu menetap, Ya Allah kami berlindung dari kesusahan dalam perjalanan dan

5. Do'a Naik Kendaraan Laut:

بِسْمِ اللهِ مَجْرَهَا وَمُرْسَهَآ اِنَّ رَبّىْ لَغَفُوْرٌرَّحِيْمٌ

BISMILLAAHI MAJRAHAA WA MURSAAHAA INNA ROBBII LAGHOFUURUR ROHIIM

Artinya: Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh sesungguhnya Tuhanku Maha Pemaaf lagi Pengasih.

Itulah Bacaan Do'a Naik Kendarana yang dapat saya publikkan seperti sebelumnya kami telah berbagi bacaan doa qunut, doa sebelum bekerja semoga besar manfaatnya bagi kita semua  terutama bagi orang yang sering bepergian jangan lupa kita sempatkan waktu sejenak untuk berdo'a kepada Alloh SWT.