Bacaan Niat Tata Cara Serta Keutamaan Doa Sesudah Sholat Tahajud

Tata Cara Bacaan Dan Keutamaan Sholat Tahajud - Sebetulnya semua orang telah mengenal waktu jam dan tata cara sholat tahajud berapa rakaat yg benar mustajab serta doa sesudah bacaannya dzikir witir latin artinya pendek tinggal kita sadarnya untuk melaksanakan pada waktu yang telah ditentukan pada malam hari setelah terbangun dari tidur.

Namun alangkah baiknya sebelum kita mengetahui tata cara sholat tahajud yang baik dan benar sesuai dengan ajaran Rosululloh SAW, terlebih dahulu kita mengetahui keutamaan waktu untuk melaksanakan sholat tahajud, supaya kita bisa mendapatkan manfaat, fadlilah serta hikmahnya sholat tahajud. Untuk waktu melaksanakan sholat tahajud para ulama telah membagi waktu waktu yang utama sehingga dibagi menjadi tiga bagian sebagai berikut :

Sepertiga pertama, kira-kira mulai dari jam 19.00 sampai jam 22.00, ini saat utama. Sepertiga kedua, kira-kira jam 22.00 sampai dengan jam 01.00, ini saat yang lebih utama. Sepertiga ketiga, kira-kira dari jam 01.00 sampai dengan masuknya waktu subuh, ini saat yang paling utama. Nah itu bagian waktu-waktu untuk melaksanakan sholat tahajud tinggal kita pilih tergantung keadaan kita sendiri namun alangkah baiknya kalau dilaksanakan pada bagian yang ke tiga.

Bacaan  Niat Tata Cara Serta Keutamaan Doa Sesudah Sholat Tahajud

Keutamaan Sholat Tahajud
Sholat Tahajud adalah merupakan salah satu shalat malam (qiyqmul lail) yang memiliki banyak keutamaan, baik keutamaan untuk kehidupan didunia maupun diakhirat. Keutamaan sholat tahajud antara lain sebagai berikut;

1. Lebih cepat dikabulkannya doa-doa kita karena ada yang dinamakan sa'atul ijabah
Dari Jabir radliyallahu’anhu, ia berkata, “aku mendengar Rasulullah sholallahu ‘alaihi wassalam bersabda : Sesungguhnya pada malam hari itu benar-benar ada saat yang seorang muslim dapat menepatinya untuk memohon kepada Allah suatu kebaikan dunia dan akhirat, pasti Allah akan memberikannya (mengabulkannya); dan itu setiap malam” (HR Muslim dan Ahmad)

2. Allah menjanjikan surga bagi orang-orang yang melakukan qiyamul lail
Abdullah bin salam mengatakan, bahwa nabi Muhammad sholallahu ‘alaihi wa salam bersabda, “Hai sekalian manusia, sebarluaskanlah salam dan berikanlah makanan serta sholat malamlah di waktu manusia sedang tidur, supaya kamu masuk surga dengan selamat” (HR Tirmidzi)

3. Tahajud termasuk shalat yang paling utama
Sebagai mana sabda Rasulullah Sholallahu ‘alaihi wasaalam, “seutama-utama shalat sesudah shalat fardu ialah shalat sunnat di waktu malam (HR Muslim)

4. Akan mendapatkan tempat yang terpuji
Sebagai mana firman Alloh SWT yang artinya "Pada malam hari, hendaklah engkau shalat Tahajud sebagai tambahan bagi engkau. Mudah-mudahan Tuhan mengangkat engkau ke tempat yang terpuji". (qs. Al Isra: 79)

Jumlah Rakaat sholat Tahajud
Untuk mengenai mas'alah jumlah rakaat shalat tahajud bisa dilaksanakan minimal dua rakaat dengan satu kali salam, dan paling banyak atau maksimal bisa sebanyak-sebanyaknya sesuai dengan kemampuan. Karena Nabi Junjungan kita yaitu Muhammad SAW saw, beliau pernah melaksanakan shalat tahajud sebanyak 10 rakaat ditambah 1 rakaat sunat witir, pernah juga 8 rakaat ditambah 1 rakaat sunat witir, dan pernah juga 8 rakaat ditambah 3 rakaat sunat witir.

Sholat tahajud ini hendaknya dikerjakan dua rakaat satu salam, sementara itu untuk shalat sunat witirnya, jika dikerjakan lebih dari satu rakaat, misalnya 3 rakaat, boleh dikerjakan sekaligus dengan satu salam, boleh pula dikerjakan 2 rakaat dahulu kemudian salam, dilanjutkan 1 rakaat lalu salam.Jadi dalam melaksanakan shalat tahajud sebaiknya ditambah dengan shalat sunat witir.

Nah untuk mengenai pelaksanaan sholat tahajud walaupun sunat sebenarnya sama dengan praktek shalat fardhu mengenai syarat dan rukun juga mengenai pembatalannya, cuma yang membedakan adalah pada niatnya saja.dan niatnya adalah seperti dibawah ini.

Tata Cara Pelaksanaan Sholat Tahajud
1.Niat

أُصَلِّي سُنّةَ التَهَجُدِ رَكْعَتَيْنِ ِللَهِ تَعَاليَ

Ushallii sunnatat-tahajjudi rak'ataini lillaahi ta'aalaa.
Artinya: "Aku niat shalat sunat tahajud dua rakaat karena Allah"

2. Membaca takbir, (membaca Allahhuakbar) dan disunnahkan mengangkat kedua belah tangan sampai batas sejajar dengan telinga

3. Kemudian disunnahkan juga membaca doa iftitah

4. Lalu membaca surat alfatihah, setelah alfatihah membaca surat pendek yang ada dalam Al Qur’an yang telah dihafal, seperti surat Al Ikhlas, Annas, Alfalaq, dan lain-lain

5. Kemudian lanjutkan seperti pada langkah langkah sholat pada umumnya. Seperti ruku, sujud, hingga salam.

Setelah salam disunahkan membaca bacaan wirid, tasbih, tahmid, takbir, sholawat, istigfar, kemudian membaca do'a sholat tahajud itulah tanda orang beriman dengan memenuhu rukun iman dan islam secara sempurna. Untuk bacaan doa sholat tahajud bisa terus anda update di alamat kami ini. Itulah artikel yang dapat Saya sampaikan mengenai tata cara sholat tahajud semoga membawa hikmah dan manfaat bagi kita semua sehingga kita dapat melaksanakannya dengan benar sesuai ajaran Rosululloh SAW.