-->

Tata Cara Niat Bacaan Waktu Keutamaan Doa Sholat Hajat Lengkap

Tata Cara Niat Bacaan Waktu Keutamaan Doa Sholat Hajat Lengkap - Banyak diantara kita yang sering melupakan atas melaksanakan sholat hajat, padahal sholat hajat itu sangatlah penting kita laksanakan, karena yang namanya manusia dalam menjalankan kehidupan keseharian itu tak pernah lepas dari kebutuhan, maka sala satu jalan untuk memperlihatkan hajat kita ini kepada Alloh SWT adalah dengan cara sholat hajat.

Sholat hajat memiliki banyak manfaat keajaiban keutamaan dan alangkah baiknya kita minimal shalat hajat 40 hari berturut turut. dan bahkan keinginan tersebut selalu ada dan tidak terbatas, dari hal paling kecil yang bersifat pribadi hingga hal yang menyangkut kebutuhan secara umum seperti halnya pada sebuah Negara.

keinginan atau hajat tersebut mengalami banyak rintangan dan hambatan dalam meraihnya maka dengan sholat hajat berharap kepada Alloh akan melapangkan dan memudahkan semua apa yang kita inginkan.Namun dikabulkannya hajat kita tidak semua yang kita inginkan melainkan kehendak Alloh SW baik mengenai hajatnya ataupun waktunya.

Tata Cara Niat Bacaan Waktu Keutamaan  Doa Sholat Hajat Lengkap

Seperti halnya kita minta banyak rizqi kepada Alloh malah Alloh memberikan penyakit yang begitu menyakitkan sampai kita dirawat di Rumah Sakit, tapi ternyata ketika kita sedang berada di RU banyak orang yang berdatangan menjenguk sambil ada yang bawa makanan bahkan ada yang mengasih uang,sampai-sampai banyak makanan yang tidak termakan, memang itulah rahasiah Alloh yang kita tidak ketahui padahal itulah jalan yang terbaik menurut Alloh SWT untuk mendapatkan rizqi yang banyak dan halal".

Jumlah Rakaat Shalat Hajat
Jumlah rakaat shalat sunnat hajat paling sedikit 2 rakaat dan yang paling banyak adalah dua belas rakaat.

Waktu Shalat Hajat
Adapun waktu mengerjakannya dapat dikerjakan dimalam hari atau pun dikerjakan pada siang hari, asalkan tidak pada waktu yang terlarang, tapi lebih baik dikerjakan pada malam hari karena ada yang dinamakan sa'atul ijabah, diwaktu sepertiga malam menjelang waktu shubuh.

Cara Mengerjakan Shalat Hajat
Untuk tata cara mengerjakan shalat hajat yang benar sesuai sunnah rosul sama saja seperti melaksanakan shalat-shalat biasa, namunyang membedakannya adalah Niatnya

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الْحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Ushallii sunnatal haajati rak’aataini lillaahi ta’aala.

Artinya: “Aku berniat shalat hajat sunah hajat dua rakaat karena Allah Ta’ala.”

1. Membaca do’a iftitah
2. Membaca surat Al-Fatihah
3. Membaca salah satu surat didalam Al-Qur’an. Afdhalnya rokaat pertama membaca surat Al-Kafirun 10 x dan rokaat kedua membaca surat Al-Ikhlas 11x
4. Ruku’ dengan membaca Tasbih tiga kali
5. I’tidal dengan membaca bacaannya
6. Sujud dengan membaca Tasbih 3 kali
7. Duduk diantara dua sujud dengan membaca bacaannya
8. Sujud dengan membaca Tasbih 3 kali
9. Setlah rokaat pertama, lakakuan rokaat kedua sebagaimana cara diatas, kemudian tasyahud akhir setelah selesai maka membaca salam dua kali.

Sesudah baca salam sebelum berdo'a sujud syukur dulu satu kali sambil membaca:

1. Tsubhaanallohi walhamdulillaahi walaa ilahaillalloh wallohu akbar 10x
2. Allohumma sholli 'alaa syayyidinaa muhammadin wa'alaa ali syayyidina muhammad 10x
3. Rabbanaa atinaa piddunyaa hasanah wapilaakhiroti hasanah wakinaa 'adzabannaar 10 x

Setelah iu baru berdo'a dengan bacaan do'a yang telah masyhur dari rosululloh SAW

Do’a Shalat Hajat

Setelah selesai Shalat Hajat, dianjurkan membaca istighfar 100x, seperti kalimat istigfar yang biasa atau sebagai berikut:

Astagfirullaha rabbi min kulli dzanbin wa atuubu ilaiih.

Artinya: “Aku memohon ampunan kepada Tuhanku, dari dosa-dosa, dan aku bertaubat kepada-Mu”

Selesai membaca istighfar lalu membaca shalawat nabi 100x, yakni:

Allahuma shalli ‘alaa sayyidinaa Muhammadin shalaatarridhaa wardha ‘an ashaabihir ridhar ridhaa.

Artinya: “Ya Allah, beri karunia kesejahteraan atas jungjunan kami Muhammad, kesejahteraan yang diridhai, dan diridailah daripada sahabat-sahabat sekalian.”

Bacaan Doa Sholat Hajat

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الْحَلِيْمُ الْكَرِيْمُ سُبْحَانَ اللهِ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ الْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. اَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ وَالْغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ وَالسَّلاَمَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ لاَتَدَعْ لَنَا ذَنْبًا إِلاَّ غَفَرْتَهُ وَلاَ هَمًّا إِلاَّ فَرَّجْتَهُ وَلاَ حَاجَةً هِىَ لَكَ رِضَا إِلاَّ قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Laa ilaha illallohul haliimul kariimu subhaanallohi robbil ‘arsyil ‘azhiim. Alhamdu lillaahi robbil ‘aalamiin. As `aluka muujibaari rohmatika wa ‘azaaima maghfirotika wal ghoniimata ming kulli birri wassalaamata ming kulli itsmin Laa tada’ lii dzamban illa ghofartahu walaa hamman illaa farojtahu walaa haajatan hiya laka ridhon illa qodhoitahaa yaa arhamar roohimiin.

Artinya :
Tidak ada Tuhan melainkan Allah Yang Maha Lembut dan Maha Penyantun. Maha Suci Allah, Tuhan pemelihara Arsy yang Maha Agung. Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. Kepada-Mu-lah aku memohon sesuatu yang mewajibkan rahmat-Mu, dan sesuatu yang mendatangkan ampunan-Mu dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap dosa. Janganlah Engkau biarkan dosa daripada diriku, melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu kepentingan, melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan Yang Paling Pengasih dan Penyayang.

Keutamaan Shalat Hajat

Ada banyak keutamaan dalam melaksanakan shalat hajat diantaranya :
– Mendapat pahala dari Allah
– Ketenangan dan ketentraman jiwa setelah menyampaikan semua kebutuhan kepada-Naya
– Harapan dikabulkan semua keperluan (hajat)
– Usaha lebih mendekatkan diri kepada Allah
– DLL

Shalat hajat ini dilaksanakannya jangan cuma satu kali kalau bisa seterusnya karena hajat kitapun juga selama masih hidup terus menerus tiada hentinya dengan tartil bacaan sholat, kalau gak bisa semalam sekali atau seminggu sekali kalau masih gak bisa tergantung pada kepentingan maksud kita ini, Insya Allah hajat kita ini terkabul.

Demikianlah pembahasan cara mengerjakan shalat hajat yang bisa kami berikan kepada anda. Begitu juga kami sajikan yang lainnya seperti kata kata mutiara ucapan idul fitri, ucapan idul adha, tata cara sholat tahajud, sholat duha, shalat Istikharah, Sholat Tasbih, Sholat Jamak Qashar, Sholat Awwabiin, maka terus aja update disini.