-->

Bacaan doa mencukur rambut bayi marhaba baru lahir dan artinya

Anak adalah merupakan anugrah begitu mulianya dan dari Alloh SWT yang di amanahkan kepada kedua orang tuanya, dengan kemuliaan tersebut maka kedua orang tuanya wajib memeliharanya dengan baik dan benar jangan sampai anak tersebut di arahkan atau di biarkan saja dalam bentuk perbuatan maksiat, maka begitu kejamnya orang tua yang membiarkan anaknya sampai anak tersebut terjerumus pada jurang kecelakaan tak pernah anak di berikan didikan ilmu dan amal/akhlaqkul karimah akhlak yang mulia.

Dengan di amanahkannya anak kepada orang tua, maka orang tua harus mampuh memberikan uswatun hasanah (contuh yang baik) kepada anak tersebut tidak cukup hanya mendoaakan saja ingin punya anak sholeh dan sholihah tetap harus ada contuh dari kedua orang tuanya. dari mulai lahir anak kedunia ini orang tua harus memeliharanya dan bahkan setelah kelahiran anak di hari ketujuh orang tua harus memberikan nama yang baik yang islami, mencukur rambutnya, dan mengaqiqahan.

Untuk cara mencukuri rambut bayi tersebut biasanya diadakan kumpulan hajatan sambil membacakan berjanji yang di dalamnya merupakan keta,dziman kita kepada Nabi kita Muhammad SWA sebagai simbul biar anak kita ini dibisa mencontoh pada akhlaq beliau, dan ktika mencukuri rambut anak kita membacakan doa Mencukur Rambut untuk anak tersebut dengan bacaan doa yang akan kami tulis di bawah ini:

Bacaan doa mencukur rambut bayi marhaba baru lahir dan artinya

Bacaan doa ketika mencukur rambut bayi adalah sebagai berikut :

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيمِ. الْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ. اللّٰهُمَّ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَنُوْرُ الشَّمْسِ وَالْقَمَرِ ، اللّٰهُمَّ سِرُّ الله نُوْرُ النُّبُوَّةِ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.

Dan setelah bayi tersebut di cukur rambutnya, untuk orang yang mencukurnya sambil miniup ubun-ubun bayi, membacakan doanya seperti :

اللّٰهُمَّ إِنِّى أُعِيْذُهَا وَذُرِيَّاتَهَا بِكَ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْم

Setela anak di cukuri rambutnya maka rambut tersebut harus di kumpulkan dan nantinya di timbang dengan perhiasan emas hasilnya serta emas tersebut di shodakohkan, sebagai mana Imam Malik meriwayatkan dalam al-Muwatha’, dari Ja’far bin Muhammad, dari ayahnya, beliau mengatakan,

وزنت فاطمة شعر حسن وحسين وزينب وأم كلثوم فتصدقت بزنة ذلك فضة

Artinya :Fatimah menimbang rambut Hasan, Husain, Zainab, dan Ummu Kultsum, dan beliau bersedekah dengan perak seberat rambut itu.

Juga Imam Ahmad mengatakan

إن فاطمة رضي الله عنها حلقت رأس الحسن والحسين وتصدقت بوزن شعرهما ورقا

Artinya : Sesungguhnya Fatimah radhiyallahu ‘anha mencukur rambut Hasan dan Husain, dan bersedekah dengan wariq (perak) seberat rambutnya.


Demikian yang dapat kami tulis acaan doa mencukur rambut bayi di hari ke 7 atau hari yang lainnya sebagai mana yang di contohkan oleh baginda nabi kita Muhammad SWA